Hongkong 2

Beli Satu Tiket ke Hongkong Dapat Tiga Negara: Hongkong, Macau dan Shenzhen -- Berkeliling di Hongkong (Bagian 1)

by AirAsiaIndonesia on Tuesday, January 18, 2011 at 5:20pm


Seperti sudah disinggung di tulisan sebelumnya, Hongkong merupakan sebuah kota metropolis. Awalnya, kota ini dikembangkan oleh pemerintahan kolonial Inggris sampai dengan tahun 1999 di mana hak administratif Hongkong dikembalikan kepada pemerintah Cina.


Akan tetapi, sampai hari ini, status Hongkong –walaupun tetap menjadi bagian dari negara Republik Rakyat Cina— tetap merupakan daerah spesial (SAR – Special Administrative Region) di mana mereka tetap berhak untuk mengatur banyak hal sendiri. Misalnya saja undang-undang keimigrasian atau mata uang sendiri.

Dan Hongkong, pada dasarnya, menawarkan sebuah pengalaman perjalanan yang tidak biasa. Ada begitu banyak tempat dengan suasana baru yang sulit didapatkan di Indonesia.

Hongkong, seperti memberikan banyak alternatif pengalaman baru yang sangat menyegarkan untuk orang-orang yang berkunjung ke sana.  Anda yang suka dengan wisata belanja, Hongkong punya segudang retail yang luar biasa hebat dan tidak didapatkan di Indonesia. Anda yang suka dengan wisata budaya, Hongkong juga punya banyak sisi budaya warisan Inggris dan turunan Cina yang bercampur dengan indah. Sementara anda yang suka wisata alam, Hongkong juga punya banyak sisi yang menarik untuk dieksplorasi.

Harap dicatat bahwa Hongkong terdiri dari empat pulau utama; Hongkong, Kowloon, New Territory dan Lantau.

Di bawah ini adalah beberapa tempat wisata yang bisa dikunjungi di Hongkong. Ini bagian pertama. Akan ada bagian kedua. Simak deskripsi arahnya supaya tidak tersesat.


Causeway Bay



Kawasan ini terletak di Pulau Hongkong. Causeway Bay dikenal sebagai salah satu kawasan perbelanjaan terdepan di Hongkong. Untuk menjangkaunya tidaklah sulit, MTR menghubungkan langsung kawasan ini dengan hampir seluruh sudut Hongkong.

Di Causeway Bay, anda bisa mendapatkan banyak sekali alternatif tempat belanja, mulai dari supermarket papan atas sampai dengan butik-butik ternama dunia. Hampir semuanya punya gerai di kawasan ini.



Lampu-lampu terang khas Hongkong yang bisa didapati di film-film yang berlatar belakang kota ini, juga merentang dari satu sudut ke sudut lain kawasan ini. Pastikan anda punya waktu cukup dan banyak energi untuk berkeliling dari satu toko ke toko lain di sini.




The Peak




Wahana wisata The Peak terletak di kawasan Central di Pulau Hongkong. Central ini adalah lokasi yang menjadi pertemuan banyak sarana transportasi yang menghubungkan banyak tempat di negara ini.

Anda tinggal keluar dari salah satu pintu stasiun atau gunakan tram yang menjadi salah satu ciri khas Hongkong dan melangkahkan kaki ke pintu The Peak Tram yang berada di dekat St. John’s Cathedral.

The Peak menyajikan salah satu pemandangan paling hebat yang bisa anda dapatkan di Hongkong. Dari Sky Terracenya, anda bisa menyaksikan Hongkong 360 derajat.



Datang ke sini pada saat malam hari bisa jadi lebih menarik. Kalau datang di musim dingin, pastikan saja anda membawa peralatan penahan dingin yang cukup karena angin yang bertiup di atas sangatlah kencang.

Untuk naik ke atas, anda akan dikenakan tarif HK$56 untuk akses tram dan Sky Terrace. Sebagai alternatif, bisa juga jalan kaki untuk naik ke puncak. Tapi itu hanya disarankan untuk anda yang punya ketahanan fisik bagus dan waktu yang banyak.



Perjalanan tram menuju puncak juga merupakan keasyikkan tersendiri karena terjalnya jalan yang harus dilalui. Anda akan dibuat seolah berjalan miring menyaksikan lansekap Hongkong.

www.thepeak.com.hk


Madame Tussaud Museum


Di salah satu sudut The Peak Tram, berdiri Madame Tussaud Museum. Pernah mendengar namanya? Madame Tussaud Museum adalah museum yang memajang patung replika figur-figur terkenal dunia. Museum ini dikenal luas lewat gerai pusatnya di kota London.



Hongkong mendapatkan kehormatan untuk menjadi tuan rumah bagi salah satu cabang Madame Tussaud Museum. Jadi, dengan mengunjungi Hongkong, anda tidak perlu jauh-jauh pergi ke London untuk menyaksikan karya-karya ciamik pematung yang ditampung oleh Madame Tussaud.

Yang paling penting, anda bisa mengambil gambar bersama figur tokoh-tokoh terkenal dunia mulai dari Lady Gaga, Adolf Hitler, Mahatma Gandhi, Barack Obama, Jackie Chan, sampai dengan Bruce Lee.



Tiket masuk dibandrol seharga HK$160 dan perjalanan komplit di museum ini memakan waktu sekitar sembilan puluh menit. Jangan lewatkan tempat ini ketika anda naik ke Sky Terrace The Peak .

http://www.madametussauds.com/HongKong/


Ladies Market, Mongkok



Ladies Market berada di dekat stasiun MTR Mongkok di Pulau Kowloon. Begitu keluar stasiun, langsung terpampang hamparan lebar pasar yang menjual beraneka macam barang –kebanyakan barang perempuan—. Kalau anda mencari oleh-oleh untuk orang di tanah air, maka tempat ini merupakan salah satu tempat yang paling cocok.



Di sini anda bisa mempraktekkan skill tawar-menawar anda. Sekedar tips, tawarlah serendah mungkin. Bisa jadi anda akan berdebat dengan si penjual, tapi harga yang akan menunggu anda di akhir proses mungkin masuk kategori ok.



Pasar ini beroperasi sampai malam hari dan luasnya lumayan besar. Jadi, pastikan anda punya banyak waktu dan tenaga untuk berjalan-jalan.


Nathan Road, Tsim Sha Tsui
Tsim Sha Sui adalah distrik yang ramai. Di sini, banyak urusan tercipta. Termasuk memenuhi hasrat berbelanja anda. Nathan Road adalah jalan utama Tsim Sha Tsui. Anda tinggal turun di sejumlah stasiun MTR di sini –bisa Mongkok, Jordan atau Yau Ma Tei—, berjalan kaki dan temukan banyak toko menarik.



(...bersambung ke bagian kedua...)


*) Beli Satu Tiket ke Hongkong Dapat Tiga Negara: Hongkong, Macau dan Shenzhen adalah seri pembuka dari rubrik Destination of the Month kami. Untuk kali pertama, kami menampilkan keseksikan Hongkong dan sekelilingnya.

*) Tulisan pertama bisa tentang pengantar umum wisata di Hongkong bisa dibaca di sini: http://bit.ly/hr8iyZ.

*) AirAsia Indonesia akan mengoperasikan rute langsung pertama kami ke Hongkong dari kota Medan per 16 Januari 2011. Penerbangan Bandung-Medan dan Surabaya-Medan kami juga memungkinkan anda untuk lanjut terbang ke Hongkong via Medan menggunakan Airbus A320 terbaru. Selain itu, Hongkong juga bisa dijangkau dari Kuala Lumpur, Bangkok, Penang, Kota Kinabalu dan Phuket.

*) Untuk harga dan ketersediaan kursi,silakan langsung ke www.airasia.com.

Komentar

Postingan Populer