Hongkong

Beli Satu Tiket ke Hongkong Dapat Tiga Negara: Hongkong, Macau dan Shenzhen -- Gambaran Umum tentang Hongkong

by AirAsiaIndonesia on Wednesday, January 12, 2011 at 8:34am


Hongkong adalah gambaran metropolitan papan atas Asia. Di masing-masing sudutnya, tersimpan banyak cerita menarik untuk dibagi. Bulan ini, AirAsia akan mengangkat cerita tentang Hongkong dan dua kota di sekitarnya; Macau dan Shenzhen.


Hongkong juga menjadi salah satu tujuan paling menarik kami yang sangat layak dikunjungi. Pertengahan Januari 2011, kami –untuk pertama kalinya— mengoperasikan rute khusus ke kota ini dari Medan.

Ini berarti juga, dalam sebuah perjalanan, anda bisa langsung mendapatkan tiga negara dengan karakteristik yang berbeda tanpa pertambahan biaya yang signifikan. Menarik, bukan?

Artikel ini akan mengawali sekian banyak cerita yang kami punya dari Hongkong, Macau dan Shenzhen. Tulisan ini akan menguraikan kebutuhan standar untuk anda yang ingin berkunjung ke tiga tempat ini. Selamat membaca.


Visa
  



Kalau anda warga negara Indonesia, maka anda tidak memerlukan visa untuk masuk ke Hongkong dan Macau. Sementara untuk Shenzhen bisa menggunakan Visa on Arrival yang bisa diurus di pintu kedatangan anda di kota tersebut. Kendati merupakan bagian dari Republik Rakyat China, Hongkong dan Macau merupakan daerah khusus (SAR – Special Administrative Region) yang punya pemerintahan sendiri, begitu juga dengan Shenzhen yang punya aturan zona khusus yang membuat pengunjung bisa keluar masuk dengan aturan waktu tertentu. Tapi, jangan lupa untuk tetap membawa paspor ketika melintas batas dari satu tempat ke tempat yang lain karena aturan imigrasi tetap berlaku setiap kali anda menginjakkan kaki di pos perbatasan.


Airport
  


Hongkong International Airport (Kode: HKG) adalah gerbang utama untuk masuk ke Hongkong. Lokasinya yang sangat dekat dengan laut membuat setiap orang yang mendarat di bandara ini akan menyimpan memori keindahan khusus. Hongkong International Airport merupakan salah satu bandara internasional tersibuk di Asia, mengingat posisinya cukup strategis sebagai tempat transit untuk penerbangan-penerbangan panjang.



Transportasi Umum
  



Ada banyak pilihan untuk keluar dari airport dan berkeliling di Hongkong. Yang paling mudah dan praktis adalah menggunakan layanan MTR. Bus umum juga melayani banyak rute dari dan ke airport, juga untuk berkeliling kota. Sementara itu, kalau  anda bepergian dengan beberapa orang sekaligus, taksi juga bisa menjadi pilihan. Papan petunjuk yang tertera sejak anda keluar imigrasi sudah jelas menunjukkan arahan jalur mana yang harus dipilih untuk mengambil moda transportasi yang anda inginkan.

MTR
  



Anda perlu membeli kartu pass yang juga berguna untuk seluruh moda transportasi di Hongkong, kecuali taksi. Namanya Octopus Card. Kartu ini membuat anda sedikit lebih hemat ketimbang harus membayar satu demi satu ongkos perjalanan nantinya. Tentu saja juga menjadi lebih praktis ketimbang keharusan untuk mencari uang kecil setiap kalinya. MTR menghubungkan seluruh bagian Hongkong, jadi transportasi ini adalah salah satu yang paling praktis. Untuk informasi rute dan jadwal –termasuk mengecek arah perjalanan anda— bisa masuk ke www.mtr.co.hk, di sana ada simulator perjalanan yang sangat memudahkan anda.

Dari airport, ada layanan khusus bernama Airport Express yang akan membuat anda jauh lebih cepat menyentuh kota.

Bus Umum
  
  



Ada beberapa operator bus yang melayani rute dari dan ke airport. Lokasi mereka ada di ujung terminal kedatangan. Anda tinggal melihat rute lengkap yang terpampang di lobi terminal dan kemudian membeli tiket. Kalau sudah punya kartu Octopus, jangan khawatir, kartu tersebut bisa digunakan sebagai alat pembayaran. Tapi kalau anda memutuskan untuk membeli tiket sekali jalan, pastikan anda membelinya di loket. Anda bisa membayar petugas bus langsung di kendaraan, tapi mereka tidak menyediakan uang kembalian.

Taksi
Taksi adalah pilihan yang tidak begitu populer, karena memang berkali-kali lebih mahal. Tapi ada baiknya jika anda bepergian dalam kelompok 3-4 orang, menggunakan metode ini karena lebih ekonomis jadinya. Pembagian taksi juga ada beberapa macam. Untuk amannya, silakan anda pilih taksi berwarna merah yang punya akses ke seluruh bagian Hongkong.


Peta
  
  



Hongkong punya sistem informasi yang cukup jelas dan mengurangi kemungkinan tersesat. Tepat begitu anda keluar dari imigrasi, salah satu counter yang menyambut adalah Hongkong Tourism Board. Mereka menyediakan banyak sekali informasi kegiatan yang bisa anda lakukan di kota ini sekaligus peta wilayah yang jelas, lengkap dengan arahan informasi transportasi dan hotel. Ambil petanya dan sejumlah informasi lain, lalu anda sudah siap untuk berpetualang.


Penukaran Uang





Jangan tukar Rupiah anda di Hongkong, karena nilainya akan jauh menurun. Ada baiknya anda sudah menyiapkan Hongkong Dollar (HKD) terlebih dahulu di Indonesia. Ada banyak penukaran uang di sejumlah kota besar yang menyediakan mata uang ini. Sebagai alternatif lain, anda juga bisa menukarkan Rupiah anda ke Dollar Amerika (USD) untuk kemudian menukarnya kembali dengan HKD. Selain itu, mengambil uang langsung di sejumlah ATM yang tersedia di hall kedatangan juga sangat disarankan.


Akomodasi Penginapan
Hongkong terbagi atas empat distrik utama; Hongkong, Kowloon, New Territories dan Lantau. Di masing-masing distrik ini, ada banyak pilihan tempat yang juga bisa disesuaikan dengan berbagai macam budget. Kebanyakan akomodasi atau penginapan untuk turis ada di Hongkong dan Kowloon. Anda bisa cek www.airasiago.com untuk penawaran menarik yang mungkin akan sulit anda lewatkan. Di sana, kami juga menawarkan paket tiket penerbangan dan hotel sekaligus dalam satu harga.


Makanan
Makanan Hongkong sangatlah menarik. Jangan lewatkan pesta dimsum atau berbagai macam mie yang sangat lezat. Selain itu, variasi makanan di kota ini juga lebar, anda bisa mendapatkan makanan Indonesia sampai dengan makanan barat dengan harga yang juga beragam.


Cuaca
Ada dua pilihan tipe perjalanan; musim dingin atau panas. Kalau anda lebih memilih musim dingin, maka datang di periode akhir atau awal tahun adalah pilihan yang tepat. Angin sangat kencang dan kadang dingin menusuk tulang, cuaca bisa mencapai 8 derajat Celcius. Sementara kalau anda menyukai kehangatan, datanglah pada periode pertengahan tahun di mana Hongkong menjadi lebih ramah dari segi cuaca. Jangan lupa cek ramalan cuaca terakhir di internet sebelum anda bepergian.



*) Beli Satu Tiket ke Hongkong Dapat Tiga Negara: Hongkong, Macau dan Shenzhen adalah seri pembuka dari rubrik Destination of the Month kami. Untuk kali pertama, kami menampilkan keseksikan Hongkong dan sekelilingnya.

*) AirAsia Indonesia akan mengoperasikan rute langsung pertama kami ke Hongkong dari kota Medan per 16 Januari 2011. Penerbangan Bandung-Medan dan Surabaya-Medan kami juga memungkinkan anda untuk lanjut terbang ke Hongkong via Medan menggunakan Airbus A320 terbaru. Selain itu, Hongkong juga bisa dijangkau dari Kuala Lumpur, Bangkok, Penang, Kota Kinabalu dan Phuket.

*) Untuk harga dan ketersediaan kursi,silakan langsung ke www.airasia.com.

Komentar

Postingan Populer